8 Masjid Terbesar di Asia tenggara, Beberapa dari Indonesia !

Setempuan.com – Masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Di mana saat ramadan, masjid menjadi destinasi wisata favorit yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Selain itu biasanya masjid di jadikan sebagai tempat di adakannya pesantren kilat. Nantinya saat berkunjung ke masjid untuk tujuan puasa, kamu bisa melakukan berbagai aktifitas mulai dari membaca kajian, berdzikir, bahkan hingga mengaji.

Membahas tentang masjid, pada artikel kali ini akan di berikan rekomendasi mengenai beberapa masjid terbesar di Asia Tenggara untuk kamu ketahui. Selain itu nantinya kamu bisa menjadikannya tujuan destinasi wisata religi pilihan untuk bisa kamu kunjungi.

1. Masjid Istiqlal

1. Masjid Istiqlal

Berada di Indonesia, masjid Istiqlal merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Tepatnya berada di bekas taman Wilhelmina, masjid ini terbilang cukup populer tidak hanya di Indonesia bahkan juga hingga manca negara. Awalnya masjid ini di bangun pada masa pemerintahan presiden Soekarno. Di mana masjid Istiqlal memiliki 12 tiang besar dengan ketinggian 97 meter dengan kubah utama berdiameter hingga 45 meter. Menjadi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara, masjid Istiqlal mampu menampung jamaah mencapai 120 ribu orang.

2. Masjid Raya Baiturrahman

2. Masjid Raya Baiturrahman

Mungkin kamu tidak asing dengan masjid yang satu ini. Berokasi di Aceh, masjid ini populer karena selamat dari terjangan ombak Tsunami pada tahun 2004. Saat ini masjid Raya baiturrahman kembali berdiri kokoh dan menjadi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Pada awalnya masjid ini di bangun pertama kali pada tahun 1292 oleh Sultan Aauddin Mahmud Syah 1. Hingga kemudian pembangunannya di lanjutkan oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Dengan kubah besar yang menjadi ciri khas, Masjid baiturrahman mampu menampun jamaah hingga 45 ribu orang.

3. Masjid Al-Akbar

3. Masjid Al-Akbar

Jika kamu berada di Surabaya, pastikan untuk tidak melewatkan masjid Al Akbar yang merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Tidak salah – salah, bahkan masjid ini mampu menampung hingga 59 ribu jamaah sekaligus. Masjid ini di lengkapi dnegan 4 kubah kecil dan menara setinggi 99 meter. Pembangunannya pertama kali di lakukan pada tanggal 4 Agustus 1995 yang hingga penyelesaiannya di butuhkan waktu sekitar 10 tahun.

4. Islamic Center Samarinda

masjid terbesar di asia tenggara Islamic Center Samarinda

Masih berada di Indonesia tepatnya di Samarinda, terdapat masjid besar yang merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara yakni Islamic Center Samarinda. Masjid ini memiliki menara kubah yang besar di tengah dengan luas keseluruhan yakni 43,5 ribu meter. Selain itu Islamic Center Samarinda ini memiliki 15 lantai dengan 6 meter ketinggian di setiap lantainya. Saat kamu berkunjung kesana nantinya kamu akan melihat 7 menara yang berdiri kokoh di mana menara utamanya memiliki tinggi mencapai 99 meter. Saking besarnya masjid ini menampung hiingga 45 ribu jamaah.

5. Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin

masjid terbesar di asia tenggara Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin

Masjid ini berada di Presint 3, Putrajaya Malaysia dan menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di Asia Tenggara. Di bangun pertama kali pada tahun 2004, masjid ini mampu menampung hingga 24 ribu jamaan di dalamnya. Selain itu masjid ini di lengkapi dengan kipas pendingin di dalamnya sehingga membuat nyaman bagi jamaah yang ingin menjalankan ibadah. Keunggulan lain dari masjid yang satu ini adalah kubah masjidnya yang di buat menggunakan besi anti karat dengan beberapa cermin yang mengelilingi di setiap sisinya.

6. Masjid Zahir

masjid terbesar di asia tenggara. Masjid Zahir

Biasa di sebut masjid Zahrah, masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara yang mampu menampung hingga 10 ribu jamaah. Selain itu masjid Zahir juga menjadi masjid tertua yang ada di Malaysia. Di mana lokasi tepatnya berada di antara bandaraya Alor Setar dan di bangun pertama kali padaa tahun 1912. Masjid yang di resmikan pertama kali pada tahun 1915 ini di anggap sebagai ikon bangunan terbaik di Negeri Kedah.

7. Masjid Sultan Hassanal Bolkiah Cotabato

masjid terbesar di asia tenggara Masjid Sultan Hassanal Bolkiah Cotabato

Di kenal dengan Cotabato Grand Mosque. Masjid yang belokasi di Filipina ini menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Selain itu masjid ini menjadi saksi bisu penyebaran agama Islam di Filipina pertama kali pada abad ke 14. Berawal dari pedagang asal Arab bernama Karim Ul Makhdum yang membawa Islam pertama kali pada tahun 1390.

8. Masjid Wilayah Persekutuan

masjid terbesar di asia tenggara Masjid Wilayah Persekutuan

Berada di Kuala Lumpur dan mampu menampung hingga 17 ribu jamaah. Masjid Wilayah Persekutuan termasuk dalam salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Lokasi tepatnya berada di dekat kompleks pemerintahan Federal dan di bangun pertama kali pada tahun 1998 hingga tahun 2000 baru di buka secara resmi oleh Yang di Pertuan Agong ke 12 yaitu Tuanku Syed Sirajuddin ibni Almarhum Syed Putra Jamalullail.

Nah itulah beberapa rekomendasi masjid terbesar di Asia Tenggara untuk kamu ketahui. Dengan begitu nantinya kamu bisa menjadikan masjid ini sebagai salah satu tujuan wisata religi terbaik terutama saat ramadan tiba.***

Share this: