6 Tips Ampuh Agar Kuat Berpuasa Saat Harus Bekerja

Setempuan.com – Tips agar kuat berpuasa saat harus bekerja. Bulan ramadan menjadi bulan yang paling di nantikan bagi umat muslim di dunia. Di mana nantinya semua umat muslim di dunia di wajibkan untuk berpuasa. Oleh karena itu pastikan kamu menyiapkan fisik yang kuat agar tidak lemas saat sedang menjaalankan ibadah puasa. Terlebih jika kamu masih di haruskan untuk bekerja, simak beberapa tips di bawah ini untuk menjaga stamina agar tetap terjaga.

kuat berpuasa saat bekerja

Tips kuat berpuasa meski harus bekerja

1. Niatkan dalam diri

Jika nantinya kamu di haruskan untuk bekerja di bulan ramadan, hal utama yang harus di lakukan adalah niat berpuasa. Pastikan sebelumnya kamu memang memiliki niat terlebih dahulu untuk berpuasa. Sehingga nantinya jika terdapat hambatan di tengah waktu berpuasa, maka kamu bisa menahan nafsu dan tetap bersemangat.

2. Pastikan untuk rutin beribadah

Ibadah menjadi hal yang membuat kehidupan menjadi lebih seimbang antara kebutuhan jasmani dan rohani. Oleh karena itu, untuk menyeimbangkan kebutuhan tersebut pastikan untuk tidak meninggalkan ibadah. Selain itu merupakan hal yang penting saat kamu sedang menjalankan ibadah puasa dengan rutin beribadah. Terlebih ramadan sendiri merupakan bulan yang tepat dan sangat baik untuk kamu menjalankan ibadah sebaik mungkin.

3. Mengatur jam tidur sebaik mungkin

Jika kamu harus bekerja di bulan ramadan, aturlah jadwal tidur sebaik mungkin. Terlebih untuk kamu yang memiliki kebiasaan tidur hingga larut malam, sebaiknya hindari untuk pagi yang lebih fit. Saat ramadan kamu juga di haruskan untuk bangun lebih pagi karena harus makan sahur. Selain itu kamu juga bisa melakukan olahraga sesaat setelah sahur. Pastikan untuk tidur cukup dalam sehari setidaknya 7 jam perhari.

4. Pola makan sahur dan berbuka dengan makanan yang cukup nutrisi

Tips lainnya yang juga terbilang penting adalah makan sahur dengan porsi yang cukup. Di mana sahur sendiri bertujuan untuk menambah energi. Untuk itu pastikan kamu makan sahur dengan porsi yang cukup dan dan tidak terlalu berlebihan. Sebaiknya untuk menentukan menu yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan juga serat.

Tidak hanya saat sahur, tentunya kamu harus menyiapkan menu berbuka yang sesuai dan mengandung vitamin yang cukup. Selain itu dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi nantinya akan berpengaruh baik pada kesehatan. Hindari juga makanan fastfood dan berbagai makanan yang menagndung banyak minyak.

5. Lakukan berbagai aktifitas lain

Saat sedang bekerja, kamu bisa memanfaatkan jam istirahat makan siang dengan berbagai aktifitas yang menyegarkan tubuh. Namun hindari untuk beraktifitas yang berlebihan agar tidak mudah lemas. Kamu bisa mengalihkan waktu luang di sela kerja dengan menonton film, bermain game, atau sekedar membaca buku. Dengan begitu kamu bisa lebih refresh untuk melanjutkan pekerjaan.

6. Jangan konsumsi minuman mengandung kafein

Kafein terkadang bermanfaat terutama untuk kamu yang memiliki aktifitas berlebih. Di mana nantinya kamu tidak akan mudah mengantuk. Namun di sisi lain, kafein sendiri memiliki efek yang terbilang buruk untuk kesehatan. Terutama bagi kamu pecinta kopi, pastikan untuk lebih mengurangi konsumsi kopi saat sedang berpuasa. Hal tersebut nantinya akan menyebabkan lambung menjadi luka dan membuat penyakit baru. Oleh karena itu hindari kafein saat sahur dan berbuka.

Nah itulah beberapa tips agar kamu bisa tetap kuat menjalankan ibadah puasa terutama saat harus bekerja. Dengan begitu nantinya puasa yang sedang kamu jalankan akan berjalan beriringan dengan pekerjaan dan tentunya tidak akan mengganggu pekerjaan sama sekali.***

Share this: