12 Makanan Khas Solo Yang Lezat dan Populer

Setempuan.com – Makanan khas Solo. Kuliner khas tentunya tidak bisa terlepas dari kekayaan budaya suatu daerah. Bagaimana tidak, kebanyakan wisatawan yang berlibur ke suatu daerah selalu meramaikan wisata kuliner yang ada.

Salah satunya adalah Solo. Saat berkunjung ke kota yang satu ini, pasti kamu juga ingin sekaligus menikmati hidangan yang tersedia di sana.

Terlebih ada banyak sekali pilihan makanan yang bisa kamu nikmati dengan rasa yang menggugah selera.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa makanan khas Solo yang tidak boleh ketinggalan saat kamu singgah ke kota ini.

Rekomendasi Makanan Khas Solo

1. Bakso Solo

1. Bakso Solo

Makanan yang satu ini memang tidak pernah ketinggalan sebagai salah satu makanan khas Solo. Dari namanya saja, bakso Solo sudah menjadi salah satu makanan yang juga tidak pernah sepi peminat.

Bakso Solo sendiri memiliki tekstur yang kkenyal dana empuk, lengkap dengan berbagai isian lain seperti bihun, tauge, dan juga sawi.

Selain itu di lengkapi dengana kuah khas yang memiliki rasa gurih. Makanan yang satu ini tentunya akan membuat siapapun yang mencicipi menjadi ketagihan.

2. Es Dawet Selasih

2. Es Dawet Selasih

Menjadi salah satu minuman segar yang tidak pernah tertinggal sebagai salah satu minuman Solo terfavorit. Es dawet selasih terbuat dari beberapa bahan yakni cendol, kuah santan, gula, dan juga selasih.

Selain itu kamu juga bisa dengan mudah menemukan minuman yang satu ini di jalanan Solo, hal tersebut di karenakan minuman ini sangat populer dan cukup banyak peminatnya.

3. Es Gempol Pleret

makanan khas solo Es Gempol Pleret

Rekomendasi kuliner khas Solo lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah es gempol pleret. Menjadi salah satu minuman yang juga banyak di nikmati oleh para wisatawan yang datang berkunjung ke Solo.

Es Gempol pleret sendiri merupakan salah satu minuman yang memiliki citarasa manis dan sangat segar. Selain itu di dalamnya juga terdapat isian berupa cendol yang membuat rasanya semakin menggugah selera.

4. Kue  Lapis Mandarin

4. Kue  Lapis Mandarin

Salah satu kuliner yang juga sangat cocok untuk dijadikan oleh – oleh adalah kue lapis Mandarin. Kue yang satu ini memiliki 2 lapisan dengan warna kuning dan cokelat.

Selain itu antara kedua lapisan tersebut di lapisi dengan selai nanas yang menjadikan rasanya semakin nikmat. Hanya saja kue lapis Mandarin memiliki harga yang cenderung mahal sehingga terkadang membuat peminatnya berfikir ulang untuk menjadikannya sebagai oleh – oleh.

5. Lenjongan Khas Solo

makanan khas solo Lenjongan Khas Solo

Bukan Solo juka tidak terdapat lenjongan sebagai salah satu makanan khas kota ini. Kue Lenjongan merupakan kue yang umumnya di sebut sebagai jajan pasar. Terdapat beragam kue yang bisa kamu nikmati di dalamnya.

Selain itu makanan yang satu ini juga menjadi salah satu makanan favorit orang dulu. Di mana di dalamnya terdapat beberapa jenis makanan yakni ketan hitam, ketan putih, tiwul, gethuk, cenil, klepon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kemudian nantinya makanan ini di sajikan bersamaan dengan gula merah cair dan parutan kelapa muda yang menambah kenikmatan citarasa pada makanan yang satu ini.

6. Nasi Liwet Solo

makanan khas solo Nasi Liwet Solo

Makanan yang satu ini tentunya tidak bisa terlepas begitu saja dengan kota Solo. Nasi liwet merupakan salah satu makanan khas yang sangat mudah untuk kamu temukan di jalanan kota Solo. Bahkan kamu juga bisa menemukannya di pagi hingga malam hari.

Nasi liwet sendiri umumnya merupakan nasi putih yang di sajikan bersama dengan lauk berupa opor ayam dan telur rebus. Tidak hanya itu saja, makanan khas yang satu ini juga di lengkapi dengan sayur labu siam yang menambah kenikmatan rasa yang tersaji.

Harga yang di tawarkan untuk seporsi nasi liwet juga sangat terjangkau sehingga menjadi salah satu makanan favorit bagi siapapun yang berkunjung ke Solo.

7. Sate Buntel

7. Sate Buntel

Saat berkunjung ke Solo, pastikan untuk tidak ketinggalan sate buntel sebagai salah satu makanan khas Solo. Sate buntel sendiri sebenarnya hampir sama dengan sate pada umumnya yakni berupa daging yang di olah dengan cara di bakar.

Namun yang membedakan adalah sate buntel menggunakan daging yang sudah di cacah dan selanjutnya di masukan kedalam lemak. Bahkan kamu juga akan kesulitan menemukan sate buntel ini di luar jawa.

Oleh karena itu makanan ini menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin sedang berkunjung ke Solo.

8. Selat Solo

makanan khas solo Selat Solo

Rekomendasi makanan khas Solo lainnya yang bisa kamu nikmati saat berkunjung kesana adalah Selat Solo. Selat Solo sendiri memiliki kuah yang sedikit coklat dengan isian yang terbilang lengkap mulai dari daging hingga sayuran.

Selain itu rasa pada makanan khas yang satu ini juga sangat lezat. Oleh karenanya makanan ini menjadi salah satu yang paling terfavorit untuk dinikmati bagi para wisatawan.

9. Serabi Solo

9. Serabi Solo

Tidak hanya ada di Bandung saja, nyatanya serabi juga tersedia di Solo. Menjadi salah satu makanan khas keraton Solo. Kamu bisa menjadikan serabi sebagai oleh – oleh untuk orang terkasih.

Sama halnya dengan serabi Bandung, makanan yang satu ini terbuat dari tepung beras dan santan. Selain itu tersedia berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Yang menjadi perbedaan antara sebari Bandung dan Solo ini adalah jika serabi Solo memiliki tekstur yang kering pada bagian luar bawah dan lembut di bagian atas.

10. Tahok Khas Solo

makanan khas solo Tahok Khas Solo

Jika kamu ingin mencari minuman segar saat sedang berwisata ke Solo, Tahok khas Solo bisa menjadi alternatif untuk melegakan tenggorokan. Tahok sendiri merupakan minuman manis yang terbuat dari bahan tahu.

Selain itu minuman yang satu ini umunya disajikan saat hanagat dan memberikan rasa yang sulit untuk dilupakan. Sebenarnya tahon merupakan minuman asal Tionghoa, namun berkembang di Solo dan menjadi salah satu hidangan favorit bagi masyarakat dan juga wisatawan.

Rasa manis yang dihasilkan dari minuman yang satu ini berasal dari gula merah dan daun sereh yag direbus bersamaan. Tidak lupa juga sebagai pelengkap dicampur dengan daun pandan dan juga jahe.

11. Tengkleng Makanan Khas Solo

11. Tengkleng Makanan Khas Solo

Merupakan salah satu makanan khas Solo yanng tidak pernah sepi peminat. Tengkleng merupakan salah satu makanan yang terbuat dari tulang kambing yang sudah diambil dagingnya sehingga hanya tersisa sedikit daging yang menempel pada tulangnya.

Selain itu, makanan khas Solo yang satu ini dimasak dengan bumbu kuning dengan cara direbus. Sehingga rasa yang dihasilkan sangat khas dan terasa rempah yang menyatu dengan daging saat sudah direbus dalam waktu berjam – jam lamanya.

12. Timlo Khas Solo

makanan khas solo Timlo Khas Solo

Menjadi salah satu makanan khas Solo yang tidak boleh ketinggalan. Timlo merupakan makanan yang memiliki kuah bening serupa layaknya sop. Hanya saja timlo khas Solo ini memiliki isian yang sangat beragam.

Biasanya makanan yang satu ini memiliki isian mulai dari jamur kuping, wortel, bihun, ayam suwir, ati ampela, sosis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu rasa dari makanan yang satu ini juga sangat menggugah selera bagi siapapun yang mencicipinya.

Kamu bisa menemukan timlo khas Solo ini dengan mudah di berbagai tempat makan yang populer disana. Bahkan di beberapa tempat juga terkadang kamu bisa memilih isian yang sesuai dengan keinginan serta harganya juga yang sangat terjangkau.

Nah itulah beberapa makanan khas Solo yang memiliki kenikmatan rasa yang luar biasa. Saat berkunjung ke Solo, pastikan kamu tidak ketinggalan untuk mencicipi aneka makanan yang telah disebutkan diatas.***

Share this: