Penyebab dan Cara Menghilangkan Stretch Mark Pada Remaja

Setempuan.com – Penyebab dan Cara Menghilangkan Stretch Mark Pada Remaja. Seringkali remaja memiliki masalah yang terjadi pada kulitnya. Salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada remaja adalah munculnya strech mark pada bagian tubuh tertentu.

Stretch mark sendiri merupakan guratan yang berbentuk garis halus dari jaringan parut yang muncul di akibatkan oleh kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis. Tidak hanya pada remaja, stretch mark juga bisa terjadi kepada ibu hamil saat proses kehamilan.

Proses terjadinya stretch mark pada kulit di karenakan kulit yang tertarik oleh pertumbuhan jaringan secara cepat. Hal ini menyebabkan kolagen dan elastin pecah sehingga muncullah stretch mark.

Penyebab stretch mark pada remaja

Stretch mark yang terjadi pada remaja merupakan hal yang umum dan lazim terjadi. Oleh sebab itu kamu tidak perlu khawatir jika muncul stretch mark pada bagian tubuh tertentu. Salah satu yang menjadi penyebab remaja mengalami stretch mark adalah di karenakan masa pubertas.

Pada masa pubertas biasanya akan terjadi perubahan hormon yang menyebabkan masa pertumbuhan tubuh menjadi lebih cepat. Hal inilah yang memicu kemunculan stretch mark pada kulit.

strech mark

Munculnya stretch mark pada remaja umumnya terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti pinggul, paha, bokong, payudara, perut, lengan, bahkan hingga betis.

Selain itu, anak remaja yang sering melakukan aktivitas angkat beban seperti gym juga beresiko memiliki stretch mark. Hal ini di karenakan aktifitas fisik seperti mengangkat beban berat dapat memicu perubahan masa otot yang di ikuti dengan perubahan bentuh tubuh dengan cepat.

Cara menghilangkan stretch mark pada remaja

Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir dengan stretch mark yang terjadi pada kulit tubuhmu. Di karenakan stretch mark memang sangat wajar terjadi di masa pertumbuhan dari anak – anak menuju dewasa. Selain itu strech mark tidak berbahaya dan bisa memudar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stretch mark yang terjadi pada remaja.

1. Vitamin A

Kamu bisa menghilangkan stretch mark pada kulit dengan vitamin A. Vitamin A sendiri bisa kamu dapatkan dari makanan, cream khusus, atau body lotion yang tersedia di toko kosmetik.

vitamin a

Sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A seperti wortel dan ubi. Selain itu kamu juga bisa rutin menggunakan body lotion atau cream retinoid untuk bisa memudarkan stretch mark.

2. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini sudah banyak di kenal sebagai obat alami untuk mengatasi permasalahan pada kulit. Kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk membantu menghilangkan stretch mark, hal ini di karenakan lidah buaya di percaya mampu menyembuhkan luka dan membuat kulit menjadi lebih halus.

lidah buaya

Cara yang bisa di lakukan juga cukup mudah hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya secara langsung ke kulit yang terdapat stretch mark.

3. Minyak kelapa

Selain lidah buaya yang di percaya sebagai obat ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Minyak kelapa juga memiliki khasiat yang sama untuk proses penyembuhan luka di kulit.

Stretch Mark Pada Remaja minyak kelapa

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan stretch mark di kulit dengan rutin mengoleskannya ke bagian tubuh yang mengalami tretch mark.

4. Laser

Dengan terapi laser, kulit akan merangsang produksi kolagen dan elastin secara berlebih. Tentunya dengan hal ini membuat stretch mark lebih cepat memudar dan membuat kulit bisa terlihat normal seperti sebelumnya.

Stretch Mark Pada Remaja laser

Namun harga untuk menjalani terapi laser ini terbilang cukup mahal untuk dilakukan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menghilangkan stretch mark. Jika kamu mengalami stretch mark yang sangat banyak dan terlihat tidak wajar, ada baiknya kamu berkonsultasi langsung dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai.***

Share this: