Mama Harus Tahu! Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Setempuan.com – Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak. Sering kali sakit gigi pada anak, membuat para orang tua kebingungan. Sakit gigi pada anak merupakan masalah yang biasa terjadi pada orang tua.

Anak akan terus rewel dan bahkan tidak mau makan yang justru bisa mengganggu kesehatannya. Para orang tua hanya bisa merasa kasihan melihat penderitaan sang anak yang menahan sakit pada giginya.

Penyebab sakit gigi itu sendiri di akibatkan karena kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta pola makan yang tidak sehat bahkan kurang makan makanan yang berserat.

Mengatasi Sakit Gigi Anak

Hal yang terjadi pada gigi anak yang sedang sakit biasanya tidak jauh berbeda dengan kondisi sakit gigi pada orang dewasa. Anak akan merasakan sakit yang berdenyut pada gigi sampai sakit kepala yang akhirnya membuat anak rewel seharian.

Biasanya masalah sakit gigi bisa di selesaikan dengan datang ke dokter gigi, namun bagaimana jika dalam keadaan yang tidak memungkinkan orang tua membawa anaknya ke dokter gigi.

Seperti anak yang mengalami sakit gigi pada malam hari, tentunya akan sulit mencari dokter gigi yang praktek pada malam hari.

Alternatif lainnya untuk mengatasi sakit gigi pada anak adalah dengan melakukan pertolongan pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah. Berikut adalah alternatif pertolongan pertama sakit gigi pada anak.

1. Mengatasi Sakit Gigi Anak Dengan Berkumur

Mengatasi Sakit Gigi Anak berkumur

Berkumur menjadi alternatif paling mudah untuk mengurangi nyeri pada gigi anak yang sakit. Berkumur di anjurkan dengan menggunakan air hangat dan jangan menggunakan larutan garam.

Air larutan garam dapat menyebabkan gigi mudah rapuh dan keropos sehingga sangat tidak di anjurkan untuk berkumur.

Ajak anak untuk berkumur dengan air hangat secara perlahan. Lakukan beberapa kali hingga berkurang rasa nyeri pada gigi.

2. Mengatasi Sakit Gigi Anak Dengan Bawang Putih

bawang putih

Bawang putih mengandung zat anti bakteri sehingga dapat membantu mengurangi nyeri pada gigi yang sakit. Haluskan bawang putih beberapa siung, lalu balurkan perlahan pada gigi yang sakit dan tunggu beberapa saat.

Setelah beberapa saat, bersihkan kompresan bawang putih pada gigi anak dengan berkumur menggunakan air hangat. Jika nyeri masih terasa, balurkan lagi gigi anak yang sakit dengan bawang putih yang sudah di haluskan.

3. Mengatasi Sakit Gigi Anak Dengan Kompres

Mengatasi Sakit Gigi Anak kompres

Berikan kompres dengan air dingin pada bagian pipi di daerah gigi yang sakit. Air dingin mampu meredakan nyeri pada gigi anak yang sedang sakit. Lakukan hingga nyeri berkurang.

4. Oleskan Minyak Cengkeh

minyak cengkeh

Cara selanjutnya untuk mengurangi nyeri pada gigi anak yang sedang sakit adalah dengan mengoleskan gigi dengan minyak cengkeh. Oleskan minyak cengkeh perlahan pada gigi.

Ingatkan pada anak untuk tidak menelan olesan minyak cengkeh yang di balurkan pada gigi. Setelah beberapa saat, bersihkan minyak cengkeh dengan berkumur menggunakan air hangat.

5. Minum Obat Pereda Nyeri

Mengatasi Sakit Gigi Anak obat pereda nyeri

Jika cara di atas sudah di lakukan dan tidak mengurangi nyeri pada gigi anak, berikan obat pereda nyeri yang sesuai dengan dosis pada usia anak. Mama di anjurkan untuk menyiapkan obat sakit gigi untuk anak bahkan sebelum anak mengalami sakit pada giginya.

Setelah semua langkah di lakukan dan anak masih mengeluh sakit gigi, segera bawa ke dokter gigi keesokan harinya. Dokter akan memeriksa masalah yang terjadi pada gigi dan memberikan tindakan yang sesuai dan di butuhkan.

Dengan begitu nyeri pada gigi yang di rasakan anak akan teratasi. Setelah masalah pada gigi anak selesai, mama harus lebih memperhatikan lagi kebersihan gigi pada anak. Ingatkan anak untuk rajin menggosok gigi sebelum tidur dan setelah sarapan.***

Share this: