Lakukan Cara Ini Untuk Menghentikan Nyeri Saat Haid

Setempuan.com – Cara Untuk Menghentikan Nyeri Haid. Nyeri saat haid merupakan kondisi yang umum terjadi. Secara medis kondisi ini disebut dengan dysmenorrhea yang mengakibatkan rasa tidak nyaman bagi wanita yang mengalaminya.

Rasa nyeri yang dialami setiap wanita cenderung berbeda – beda. Ada yang merasa biasa saja atau bahkan merasakan sakit yang luar biasa hingga bisa menggangu aktifitas sehari – hari.

Untuk kamu yang sedang mengalami nyeri saat haid jangan khawatir lagi, karena kamu bisa mengatasinya sendiri dirumah. Namun sebelum itu mari kita cari tahu penyebab nyeri perut saat haid.

Penyebab Nyeri Perut saat Haid

Nyeri perut saat menstruasi disebabkan karena tubuh mengalami perubahan disetiap periode. Kontraksi pada dinding rahim lebih kuat dari biasanya karena bekerja untuk mengeluarkan darah saat menstruasi.

Rahim akan menekan pembuluh darah yang melapisi rahim, sehingga aliran darah yang mengantarkan oksigen ke rahim menjadi terputus.

Putusnya aliran darah akan menyebabkan rendahnya kadar oksigen dalam rahim, kondisi ini kemudian membuat jaringan yang ada di rahim mulai memproduksi zat kimia bernama prostaglandin yang dapat memicu rasa sakit.

nyeri haid

Cara Mengatasi Nyeri Perut saat Haid

Kamu yang sedang mengalami nyeri perut saat haid, dapat melakukan beberapa cara mudah di bawah ini yang bisa mengurangi rasa sakit yang mengganggu aktifitasmu sehari – hari.

1. Kompres Air Hangat pada bagian yang sakit

Nyeri saat haid bisa kamu hentikan dengan cara mengompres bagian perut dengan air hangat. Cara ini sangat mudah di lakukan di rumah karena hanya memerlukan alat sederhana.

Mungkin nyeri yang di rasakan tidak langsung menhilang seketika, namun dengan mengopresnya dapat mengurangi rasa sakit sedikit demi sedikit.

Lakukan beberapa saat hingga di rasa nyerinya mulai membaik. Mudah bukan mempraktekkannya?

2. Lakukan Pijatan

Saat kamu merasakan nyeri yang sangat mengganggu, kamu dapat melakukan pijatan kecil untuk mengurangi rasa nyerinya. Lakukan pijatan tepat di bawah area perut dengan gerakan memutar dan perlahan.

Kamu bisa menggunakan minyak urut, atau minyak aromaterapy untuk membuatmu lebih rileks.

pijatan pada perut

3. Olahraga

Melakukan gerakan aktif atau berolahraga dapat kamu lakukan saat mengalami nyeri. Pasalnya berolahraga terbukti dapat memproduksi endorfin yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus memperbaiki suasana hati.

Oleh karena itu, saat kamu sedang mengalami nyeri haid sangat di anjurkan untuk melakukan gerakan aktif. Jangan mager ya girls saat sedang haid….

4. Mengkonsumsi Makanan yang sesuai

Makanan juga dapat mempengaruhi nyeri saat menstruasi. Kamu di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat. Hindari makanan yang berlemak, gorengan, bahkan makanan cepat saji.

Buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh dapat menjadi rekomendasi saat kamu sedang mengalami nyeri saat haid.

5. Rajin Minum Air Putih Saat Mengalami Nyeri Haid

Tubuh sangat membutuhkan air putih yang cukup untuk terhindar dari dehidrasi. Air putih juga bisa menjadi alternatif kamu untuk mengurangi nyeri saat menstruasi.

minum air putih

Saat kamu sedang melakukan aktifitas di luar rumah, kamu dapat membawa air putih untuk mencukupi kebutuhan air putih harianmu. Jangan lupa untuk rajin minum air putih terutama saat kamu sedang haid ya girls….

6. Konsumsi Obat Untuk Menghentikan Nyeri Saat Haid

Opsi terakhir jika rasa sakitmu masih menggangu adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Paracetamol bisa menjadi pilihan dengan di sertai dosis dan aturan pakai yang tepat.

Kamu juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk bisa di berikan obat dengan dosis yang sesuai.

Itulah cara mengatasi nyeri perut saat haid. Namun jika sakit yang kamu rasakan sangat menggangu, di sertai demam dan darah haid yang keluar mengental atau bahkan keluar cairan vagina yang kental dan berbau, Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.***

Share this: